Propoelix adalah harapan baru bagi ODHA

ODHA Orang dengan HIV/AIDS

Berdasarkan studi kasus atau penelitian HDI pada RSUD Sungailiat-Bangka, ditemukan. Pada beberapa kasus terjadi perubahan yang sangat menonjol dengan perbaikan klinis dari perawatan di ICU, sebulan kemudian mampu beraktivitas seperti sebelumnya sampai dapat naik sepeda motor.

Ditunjukkan juga dengan pengukuran CD4 yang awalnya hanya 4 /mm2, setelah 1 bulan mendapat terapi tambahan propolis ekstrak menjadi 127 /mm2, dan setelah 6 bulan pengukuran CD4 menjadi 148 /mm2.

CD4 (cluster of differentiation 4) adalah sebuah marker atau penanda yang berada di permukaan sel-sel darah putih manusia, terutama sel-sel limfosit. CD 4 pada orang dengan sistem kekebalan yang menurun menjadi sangat penting, karena berkurangnya nilai CD4 dalam tubuh manusia menunjukkan berkurangnya sel-sel darah putih atau limfosit yang seharusnya berperan dalam memerangi infeksi yang masuk ke tubuh manusia. Pada orang dengan sistem kekebalan yang baik, nilai CD4 berkisar antara 1400-1500. Sedangkan pada orang dengan sistem kekebalan yang terganggu (misal pada orang yang terinfeksi HIV) nilai CD 4 semakin lama akan semakin menurun (bahkan pada beberapa kasus bisa sampai nol).

Propolis ekstrak meningkatkan jumlah CD4 pada pasien dengan HIV/AIDS. Peningkatan pada bulan pertama dari baseline cukup nyata dibandingkan setelah 6 bulan mendapatkan terapi tambahan.

Cara kerja propolis sebagai imunomodulator dan antiinflamasi serta antibakteri telah banyak disampaikan melalui penelitian-penelitian. Cara kerja imunomodulator pada propolis hijau Brazil pada mencit menurut Sforcin dkk (2010) adalah dengan mengaktivasi langkah awal respon imun oleh peningkatan ekspresi TLR-2 dan TLR-4 dan produksi sitokin proinflamasi (IL-1 dan IL-6) yang diproduksi oleh makrofag dan sel lien, yang berkontribusi untuk mengenali mikroorganisme dan mengaktifkan limfosit oleh antigen presenting cells.

Share on Google Plus

Heru Darmawan - WA/SMS 0821 9496 6109

Bisnis High Desert adalah bisnis jaringan network marketing produk perlebahan dari HDI. Kami mengundang semua pengunjung yang bersedia bergabung dalam komunitas untuk turut merasakan berbagai kemudahan yang didapat dengan menjadi Enterpriser.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment